Friday, October 19, 2012

Komik Curhat di Kupang

Catatan yang Tercecer:
Workshop Komik Curhat di Kupang


Pembuatan komik curhat “Mengenal Hak dan Kewajibanku” diinisiasi oleh ChildFund ndonesia wilayah Zonal Timur. Aktivitas ini dilaksanakan pada tanggal 06-10 Februari 2012 di Kupang. Proses pembuatan komik diawali dengan diskusi interaktif  selama dua hari mengenai media komik curhat sebagai sarana sosialisasi yang informatif dan menarik. Kemudian penyegaran mengenai hak anak, pengkategorian kewajibaan anak, penggalian ide dan isi cerita yang akan divisualisasikan dalam gambar.

Proses ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan membuat komik curhat dengan isi cerita berdasarkan 4 kelompok kategori hak anak yaitu Hak hidup, Hak Tumbuh Kembang, Hak Perlindungan dan Hak Partisipasi selama 2 hari. 

Selanjutnya hasil gambar para ilustrator dipresentasikan dan didiskusikan. Sehingga setiap bahasa dan makna dalam gambar yang dihasilkan oleh para illustrator dan penulis cerita dapat dipahami bersama-sama. Proses pembuatan komik berlangsung seru dan menyenangkan. Keterbatasan teknis yang sering dirasakan oleh peserta menjadi tak berarti, karena penekanan pembuatan komik memang lebih fokus ke cerita atau curhatannya. Sedangkan secara visual, oleh fasilitator di tekankan lebih ke kemampuan menggambarkan ekspresi dari subyek yang divisualkan.

Hasil akhir dari workshop komik kemudian  dipamerkan dalam bentuk jemuran, sambil masing-masing kelompok yang terdiri dari 4 wilayah di NTT, yaitu: Sumba, Kupang, Belu dan Flores mempresentasikan "jerih payahnya. . Karya mereka itu kemudian akan dicetak menjadi 
kompilasi komik KHA, dan kartu remi edukatif untuk anak2 sekkolah di NTT. seru sekali acaranya. 

Seluruh rangkaian pembuatan komik ini difasilitasi oleh staff ChilFund Indonesia Zonal Timur, Asosiasi Remaja Friendly Kupang dan fasilitator dari Komunitas Rumah Tanpa Jendela/ RTJ. 
Proses pembuatan komik ini juga didukung penuh oleh Pemda Provinsi Nusa Tengara Timur dengan menyediakan tempat dan sarana yang memadai sehingga proses ini dapat berjalan dengan lancar.