Sunday, October 21, 2012

Perubahan Bermakna

KOLAPS DAN PENGALAMAN GW DI DALAMNYA

penulis: OKHAN

Tiga tahun sudah lamanya hukuman yang sudah kujalani tanpa satupun atau pernah berfikir untuk masa depanku dan tak mau belajar sesuatu untuk mewujudkan cita-citaku. Semuanya akau anggap tidak penting, dan aku hanya memikirkan masa hukuman yang sangat lama, jauh-jauh dan semakin jauh ke dalam dunia kekosongan.

 Sering aku berfikir ingin sekali bangkit tuk belajar mencari yang kuinginkan, seperti melukis dan menulis, bahkan yang sangat aku harapkan sekarang adalah ada seseorang yang mau memberi dorongan dan mau mendengarkan semua perasaan senang, sedih, dsb. Yang ku ungkapkan padanya , tapi lewat apa? Tak kutemukan semua itu.
Di ambang perasaan demi perasaanku yang bergejolak tak menentu aku dipindahkan dari Lapasku ke Lapas ini yang kuhuni sekarang “Lapas Anak Pria Tangerang” ada seorang Petugas/ Pegawai yang menasihatiku. “Lapas baru itu akan membawa hidup baru buat kamu!”

Minggu pertama aku di Lapas Anak Pria Tangerang, aku hanya belajar menyesuaikan diri dengan lingkunganku yang baru, padat sekali dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat.
 Ada satu kegiatan yang aku beri tanda, yaitu “KOLAPS” (KomunitasKomik Lapas). Kegiatan tersebut/ ini menjadi objek untuk menyalurkan inspirasi dan juga sebagai media curhat yang dituangkan dalam bentuk gambar/ komik.

Aku ikut kegiatan itu baru beberapa bulan yang lalu ketika Kolaps mau mengadakan Pameran kegiatan itu langsung memberi pengalaman menarik buatku.
Waktu itu kami diberi waktu hanya seminggu untuk mempersiapkan pameran. Setiap hari selama seminggu kami kerja keras/ sangat giat, dan pada saatnya pameran semuanya sudah siap. Aku sangat senang  karma pekerjaanku tidak sia-sia, bahkan berhasil sampai pelaksanaan pameran di TIM Jakarta-Pusat sangat meriah.
            
Kegiatan ini terus memberiku motifasi-motifasi, inspirasi-inspirasi, dan yang sangat aku kagumi adalah perubahan dalam diriku yang cukup serius. Aku sebelumnya tak punya spirit hidup, malah benci hidup. Sekarang aku sangat menikmati hidup ini karna dengan kegiatan positif ini semua fikiran-fikiran negatifku hilang berganti dengan inspirasi-inspirasi yang lumayan.
             
Jadi Kolaps sangat banyak memberiku masukan-masukan penting dalam jalan hidupku. Aku sangat senang dapat mengikuti kegiatan Kolaps! Karna setiap ada masalah/ pusing fikiranku.
           
 Sekarang aku bisa berfikir tentang arti hidupku ini yang tak pernah kumanfaatkan dan kupahami sebelumnya.
-rtj-

No comments: